Article Detail

Virtual Field Trip ke Jakarta Aquarium

Ya. Hari ini (24/5) TK Tarakanita 2 mengadakan field trip atau kunjungan belajar ke Jakarta Aquarium. Karena masih dalam keadaan pandemi, maka kunjungan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan anak-anak dan Ibu guru semuanya. Kunjungan melalui virtual ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan bagi anak-anak tentang berbagai binatang air dan juga memberi pengalaman baru berkunjung ke Jakarta Aquarium.

Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Osna kemudian dilanjutkan dengan sambutan singkat oleh Ibu Rista selaku kepala sekolah. Setelah itu acara bergulir dengan kunjungan virtual mengelilingi Jakarta Aquarium. Acara ini dipandu oleh Kakak Yoko. Kak Yoko mulai menjelajah setiap sudut Jakarta Aquarium untuk menunjukkan hewan-hewan yang menjadi koleksinya. Saat berhenti di salah satu spot hewan, Kak Yoko menjelaskan secara singkat nama-nama hewan yang ada di situ. Tak lupa juga menjelaskan secara sederhana bagaimana cara hewan itu bergerak, cara berkembang biak, cara makan, dan juga apakah hewan tersebut jinak atau tidak. Anak-anak sangat antusias mengikuti tour virtual tersebut.

Anak-anak juga aktif bertanya kepada Kak Yoko. Pertanyaan-pertanyaan anak-anak sangat polos dan terkadang lucu. Ada yang menanyakan bagaimana hewan itu tidur? bagaimana kalau hiu itu tidak berenang apakah dia mati? Apakah bulu babi punya mata? Apakah salamander itu bisa dipegang? dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan kritis dari anak-anak. Kak Yoko dengan sabar menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan anak-anak yang tak ada habis-habisnya. Tak terasa dua jam setengah anak-anak melakukan kunjungan virtual ke Jakarta Aquarium.

Acara ditutup doa kembali dipimpin oleh Ibu Osna. Setelah itu anak-anak dan juga Kak Yoko dan ibu-ibu guru berfoto bersama untuk kenang-kenangan. Semua anak merasa senang dan gembira bisa berkunjung ke Jakarta Aquarium. Pengalaman yang indah tak terlupakan.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment